Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri Carenang II Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan

Fitriyani, Desi (2023) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas II SD Negeri Carenang II Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240083_Cover.pdf

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240083_Lampiran Depan.pdf

Download (460kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240083_BAB I.pdf

Download (234kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240083_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240083_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (119kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240083_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240083_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240083_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas II dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomologi, adapun subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas, dan peserta didik kelas II di SDN Carenang II menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa untuk kesulitan belajar siswa untuk materi penjumlahan dan pengurangan meliputi 1) Belum menguasai prosedur penjumlahan pengurangan bilangan dengan cara menyimpan; 2) Kesulitan memaknai soal cerita; 3) Kekurang telitian dalam mengerjakan soal. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas II di SD Negeri Carenang II materi penjumlahan dan pengurangan ini yaitu Faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang meliputi bakat, hiperaktif dan siswa belum memahami materi. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, fasilitas belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Analisis, Kesulitan belajar, Matematika, Penjumlahan pengurangan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2023 06:56
Perubahan Terakhir: 02 Mar 2023 06:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.