Implementasi Hasil Akreditasi Sekolah Tahun 2020 Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA IT YAPIRA Bogor

Rismayanti, Rismayanti (2023) Implementasi Hasil Akreditasi Sekolah Tahun 2020 Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA IT YAPIRA Bogor. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210015_Cover.pdf

Download (30kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210015_Lampiran Depan.pdf

Download (433kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210015_BAB I.pdf

Download (428kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210015_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_PAI_181210015_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_PAI_181210015_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (387kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210015_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210015_Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan adalah cerminan dan refleksi dari sebuah perkembangan. Tanpa pendidikan, manusia takkan mampu melewati proses untuk berkembang. Dewasa ini, permasalahan pendidikan di Indonesia didominasi oleh rendahnya kinerja guru yang membuat Indonesia terus menduduki peringkat terbawah di dunia pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah terus melakukan upaya-upaya peningkatan kinerja guru melalui program-program yang terencana. Salah satunya melalui pelaksanaan akreditasi. Secara tidak langsung, pelaksanaan akreditasi membawa dorongan bagi guru untuk lebih meningkatkan kinerja nya, terbukti jika hasil akreditasi dari sekolah baik, maka guru akan terdorong untuk terus meningkatkan kinerja nya berdasarkan dari hasil akreditasi tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui kinerja guru tahun 2020 di SMA IT YAPIRA Bogor (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan akreditasi sekolah tahun 2020 di SMA IT YAPIRA Bogor dan (3) mengetahui Implementasi Hasil Akreditasi Sekolah Tahun 2020 di SMA IT YAPIRA Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kinerja guru di SMA IT YAPIRA sesuai dengan indikator kinerja guru yakni kinerja guru sebagai administrator, sebagai pengajar, dan sebagai pembimbing. Secara keseluruhan, kinerja guru tergolong baik, namun dari beberapa guru, ada yang kurang memperhatikan masalah administrasi sekolah, dan semangat kerja guru yang menurun, sehingga perlu adanya peningkatan kinerja guru guna memperbaiki hal tersebut. 2) Pelaksanaan akreditasi sekolah di SMA IT YAPIRA pada tahun 2020, dilaksanakan secara daring dengan monitoring secara online untuk memantau perkembangan sekolah 3) Hasil Akreditasi merupakan motivasi dan dorongan besar bagi guru sehingga implementasi dari hasil akreditasi terus dilakukan sekolah guna meningkatkan kinerja guru melalui program-program lanjutan sebagai bentuk follow up dari hasil akreditasi guna meningkatkan mutu sekolah serta guru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kinerja Guru, Akreditasi, Hasil Akreditasi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 23 Feb 2023 03:55
Perubahan Terakhir: 23 Feb 2023 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11521

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.