Strategi Penyiaran Radio dalam Menarik Minat Pendengar Anak-Anak (Studi Kasus Radio Serang Gawe FM Episode Sabtu Ceria)

Balkis, Azzahra (2023) Strategi Penyiaran Radio dalam Menarik Minat Pendengar Anak-Anak (Studi Kasus Radio Serang Gawe FM Episode Sabtu Ceria). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510021_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (240kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510021_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (949kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510021_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (401kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510021_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (383kB)
[img] Teks
S_KPI_191510021_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (286kB)
[img] Teks
S_KPI_191510021_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (639kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510021_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510021_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (288kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Saat ini banyak sekali media massa yang sudah berkembang. Media massa bersaing dengan ketat demi menarik peminatnya dengan memberikan sajian yang terbaik untuk mendapatkan penonton yang lebih banyak. Radio merupakan salah satu media massa yang mengalami penurunan peminat dikarenakan masyarakat saat ini lebih sering menggunakan media sosial melalui jaringan internet. Begitu juga dengan anak-anak dizaman sekarang, sudah jarang sekali anak-anak yang mendengarkan radio. Karena itu, sebuah stasiun radio harus memiliki strategi khusus dalam menarik peminatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi penyiaran radio Serang Gawe FM dalam menarik minat pendengar anak-anak? 2) Bagaimana respon anak-anak terhadap siaran radio Serang Gawe FM episode sabtu ceria?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi penyiaran radio Serang Gawe FM dalam menarik minat pendengar anak-anak dan untuk mengetahui respon anak-anak terhadap siaran radio Serang Gawe FM episode sabtu ceria. Peneltian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa strategi penyiaran radio Serang Gawe FM dalam menarik minat pendengar anak-anak adalah dengan cara membuat program siaran khusus dengan segmentasi anak-anak. program tersebut bernama sabtu ceria. Strategi yang dilakukan juga dengan membuat jadwal kunjungan sekolah TK dan memanfaatkan kekuatan media sosial di era digitalisasi zaman sekarang. Adapun untuk respon anak-anak, anak-anak dapat menerima program siaran sabtu ceria dan anak-anak menyukai program tersebut. Anak-anak dapat menerima nilai hiburan dan edukasi dalam program siaran episode sabtu ceria.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Siaran Radio, Strategi Penyiaran, Pendengar Anak-anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 16 Feb 2023 08:13
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.