Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Pandeglang)

Aini, Hury Arsyil (2023) Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210163_Cover.pdf

Download (17kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210163_Lampiran Depan.pdf

Download (615kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210163_BAB I.pdf

Download (178kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210163_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (255kB)
[img] Teks
S_PAI_181210163_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (215kB)
[img] Teks
S_PAI_181210163_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210163_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210163_Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang ditempuh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Salah satu metode yang dianggap cocok untuk menjadikan pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode inkuiri. Dalam metode inkuiri, guru berperan sebagai motivator, fasilitator serta menjadikan siswa untuk berperan aktif dalam mencari dan mengelola informasi, berpikir kritis dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 1 Pandeglang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes tulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Pada penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar PAI pada materi ”pengurusan jenazah” di kelas XI SMAN 1 Pandeglang sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data hasil observasi terkait keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri yang telah diterapkan pada kelas eksperimen. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum dan sudah diterapkan metode inkuiri memiliki perbedaan. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan nilai pre-test pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 64,86, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,20. Hasil post-test pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,37, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,83. Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dibuktikan melalui uji paired sampel t test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05, pada pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2023 07:02
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2023 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.