Pengembangan Media Video Animasi Karakter (Vianka) untuk Meningkatkat Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Lokal Banten

Nursa'adah, Dhiya (2023) Pengembangan Media Video Animasi Karakter (Vianka) untuk Meningkatkat Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Lokal Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240128_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240128_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (892kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240128_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240128_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240128_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (388kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240128_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (625kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240128_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240128_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media video animasi karakter (vianka), pada mata pelajaran IPS, materi indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV. Penelitian ini penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang di adaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu:1) Tahap Analisis (Analysis); 2) Tahap Perancangan (Design); 3) Tahap Pengembangan (Development); 4) Tahap Implementasi (Implementation); 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “sangat layak” dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 90% dari ahli media, 80% dari ahli materi, dan penilaian hasil belajar siswa menggunakan soal tes (Pretest-Postest), sebelum menggunakan media, siswa hanya mendapatkan nilai rata-rat sebesar 40,3%, namun setelah menggunakan media, siswa mampu mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,3%, dengan katagori “baik”. Adapun hasil uji coba media terkait materi keragaman budaya lokal Banten dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dengan ketentuan siswa mendapatkan nilai di atas Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan pembahasan hasil pengembangan media video animasi karakter (vianka) dianggap berhasil dikembangkan menjadi media yang layak dan efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada materi indahnya keragaman budaya negeriku.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Video Animasi Karakter, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 07:55
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 07:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.