Nursa'adah, Dhiya (2023) Pengembangan Media Video Animasi Karakter (Vianka) untuk Meningkatkat Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Lokal Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240128_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240128_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (892kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240128_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (236kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240128_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (352kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240128_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (388kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240128_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (625kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240128_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240128_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media video animasi karakter (vianka), pada mata pelajaran IPS, materi indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV. Penelitian ini penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang di adaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu:1) Tahap Analisis (Analysis); 2) Tahap Perancangan (Design); 3) Tahap Pengembangan (Development); 4) Tahap Implementasi (Implementation); 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “sangat layak” dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 90% dari ahli media, 80% dari ahli materi, dan penilaian hasil belajar siswa menggunakan soal tes (Pretest-Postest), sebelum menggunakan media, siswa hanya mendapatkan nilai rata-rat sebesar 40,3%, namun setelah menggunakan media, siswa mampu mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,3%, dengan katagori “baik”. Adapun hasil uji coba media terkait materi keragaman budaya lokal Banten dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dengan ketentuan siswa mendapatkan nilai di atas Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan pembahasan hasil pengembangan media video animasi karakter (vianka) dianggap berhasil dikembangkan menjadi media yang layak dan efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada materi indahnya keragaman budaya negeriku.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Video Animasi Karakter, Meningkatkan Hasil Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 07:55 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 07:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11262 |
Actions (login required)
Lihat Item |