Pengembangan Media Fun Reading App Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan

Andriani, Dian (2023) Pengembangan Media Fun Reading App Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240024_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240024_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (649kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240024_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (395kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240024_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (634kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240024_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (500kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240024_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240024_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240024_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (376kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Fun Reading App berbasis multimedia interaktif yang menarik perhatian siswa, menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa serta menghasilkan produk yang layak dan efektif guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi mengenal teks narasi sederhana tentang lingkungan tempat wisata (pantai). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis – Design – Development – Implementation - Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dari uji validitas dari tim validator memperoleh hasil skor maksimum yaitu 4,39 dari kriteria minimal yaitu 4,0 dengan kriteria “valid” dan hasil keefektifan media Fun Reading App berbasis multimedia interaktif diperoleh rata-rata skor N-Gain mencapai 0,80 dengan kriteria “tinggi”. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media Fun Reading App layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kegiatan membaca permulaan siswa Tunagrahita Ringan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Fun Reading App, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Tunagrahita Ringan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 02:22
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 02:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11239

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.