Hurunaini, Uyun (2023) Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Pre Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 4 SDN 13 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240044_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (50kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240044_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (508kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240044_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (182kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240044_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (384kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240044_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (374kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240044_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (435kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240044_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (115kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240044_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (139kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis lingkungan diterapkan yang mana mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta sebagai sarana dalam pencegahan terpaparnya covod 19. Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah pre eksperimen dengfan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan nonporbability sampling. Tes yang digunakan sebanyak 12 item soal yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai rata-rata 69,3, sedangkan nilai rata-rata dengan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan adalah 50,33. Kemudian dilakukan pengujian statistik dengan uji t diperoleh nilai 7,218 > 2,045. Artinya, penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran IPA berbasis lingkungan berpengaruh terhadap keamampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengaruh, Pembelajaran IPA, Berpikir Kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 01:56 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 01:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11237 |
Actions (login required)
Lihat Item |