Anisah, Anisah (2023) Peran Guru dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Kelas V di SD Negeri Sindangsari 1. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (463kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (335kB) |
||
Teks
S_PGMI_ 181240068_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) |
||
Teks
S_PGMI_ 181240068_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (331kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_ 181240068_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran guru dalam menumbuhkan budaya literasi siswa di SD Negeri Sindangsari 1. Penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. Sumber data yaitu kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, siswa kelas V, dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduki data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran guru dalam menumbuhkan budaya literasi siswa sebagai berikut: (a) penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS, (b) perannya sebagai teladan, motivator, fasilitator dan kreator dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa kelas V. 2) faktor pendukung dari pemerintah, orang tua, guru, serta sarana dan prasarana , sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa. penulis berharap pihak sekolah mampu memperbanyak buku bacaan yang bisa menarik minat membaca siswa agar kemampuan literasi siswa dapat meningkat dan melengkapi fasilitas PBM yang dibutuhkan siswa maupun guru yang bisa menunjang kegiatan literasi dasar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru , Budaya Literasi, Siswa Kelas V |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 06:58 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 06:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11223 |
Actions (login required)
Lihat Item |