Rosdiana, Dina (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SD Negeri Buaran Jati II Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240132_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240132_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (482kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240132_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240132_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (284kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240132_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (371kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240132_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (853kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240132_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240132_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (164kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di SD Negeri Buaran Jati II Kabupaten Tangerang. Dalam penelitian ini, subjek sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara kepala sekolah, wali kelas IV, wali kelas V, wali kelas VI, siswa kelas IV, siswa kelas V, siswa kelas VI, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi karakter siswa, dan wawancara digunakan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data, verifikasi atau penarik kesimpulan. Berdasarkan tempatnya dan objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima indikator pendidikan karakter yaitu: pertama, suasana sekolah menjadi bersih, rapih dan nyaman contohnya siswa membersihkan lingkungan yang ada di sekolah. Kedua, tingkat kedisiplinan sekolah sangat tinggi contohnya guru ataupun siswa mengikuti tata tertib yang ada di sekolah. Ketiga, seluruh warga sekolah senantiasa menunjukkan sikap dan perilaku yang sopan contohnya guru memberikan contoh yang baik terhadap siswa agar mereka memiliki karakter yang baik. Keempat, kehidupan sekolah sehari-hari selalu diliputi suasana religius contohnya siswa melaksanakan sholat zuhur berjama’ah dan melaksanakan sholat dhuha setiap hari jum;at. Kelima, kejujuran menjadi bagian dari kehidupan sekolah contohnya siswa membayar dengan jumlah makanan yang di beli di kantin.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 08:41 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 08:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11208 |
Actions (login required)
Lihat Item |