Permana, Ajis (2023) Implementasi Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250049_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (61kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250049_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (516kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250049_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (409kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250049_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (376kB) |
||
Teks
S_MPI_181250049_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (178kB) |
||
Teks
S_MPI_181250049_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (294kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250049_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250049_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Manajemen Mutu dalam peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong, yang jadi pokok masalah adalah: (1) Bagaimana Implementasi manajemen mutu di MTs Mathlaul Anwar Bojong? (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong? (3) Upayaapa yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pelaksanaan manajemen mutu dalam peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong. (2) Untuk mengungkapkan kompetensi pedagogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong (3) Untuk menemukan upaya-upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru MTs Mathlaul Anwar Bojong. Menurut teori Luk-luk Nur Mufidah berjudul Aktualisasi TQM dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di lembaga Pendidikan Islam, menjelaskan bahwa pendidikan yang berorientasi pada mutu (Quality Oriented), yang paling banyak berperan adalah pendidik (guru) dalam upaya menyiapkan peserta didik yang berkualitas dan bermutu dalam berbagai aspek, baik dalam aspek keilmuan, keahlian dan keterampilan serta aspek perilaku, oleh karena itu menjadi guru professional, hendaknya memiliki dua kategori, yaitu capability dan loyality artinya guru harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik dan skill tentang mengajar yang baik, mulai dari perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan yakni loyal kepada tugas-tugas keguruan yang tidak semata-mata hanya di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah di kelas Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Mathlaul Anwar Bojong. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan metodologi yang berupa pendekatan fenomenologis dan pendekatan keilmuan yang meliputi; pendekatan pedagogis dan pendekatan manajemen. Adapun metode dalam mengumpulkan data adalah wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri, pedoman wawancara dan pedomanobservasi. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dan pengujian keabsahan data melalui kredibilitas, defendabilitas, konfirmabilitas dan transperabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pegadogik guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong sudah terealisasi tapi belum maksimal, karena masih ada unsur yang belum memenuhi syarat penelitian ini. analisis manajemen mutu, guru-guru di MTs Mathlaul Anwar Bojong rata-rata sudah memiliki kompetensi pedagogik walaupun masih ada salah sMTs Mathlaul Anwar Bojong satu unsur yang belum diterapkan dengan baik, hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru diMTs Mathlaul Anwar Bojong sudah terealisasi, pada hakikatnya dorongan sekolah kepada pendidik untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademik serta keleluasaannya dalam menggunakan sarana dan prasarana telah berjalan secara maksimal, tapi di sisi lain sarana dan prasarana pembelajaran yang ada masih terbatas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 26 Jan 2023 07:13 |
Perubahan Terakhir: | 26 Jan 2023 07:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11107 |
Actions (login required)
Lihat Item |