Kartini, Kartini (2023) Strategi Komunikasi Relawan Filantropi Indonesia dalam Meningkatkan Minat Mitra Berdonasi (Studi Aksi Cepat Tanggap Serang Raya). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_181510013_Cover.pdf Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510013_Lampiran Depan.pdf Download (343kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510013_BAB I.pdf Download (302kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_181510013_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (310kB) |
||
Teks
S_KPI_181510013_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (99kB) |
||
Teks
S_KPI_181510013_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_KPI_181510013_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_181510013_Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Strategi komunikasi merupakan kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, media, komunikan sampai pada pengaruh. Pemilihan strategi komunikasi juga membutuhkan langkah yang hati-hati dalam perencanaan komunikasi, sebab jika pemilihan strategi salah maka hasil yang diperoleh akan kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan komunikasi relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi? 2) Media apa yang digunakan relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi? 3) Apa saja gangguan dan rintangan yang sering dialami relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan komunikasi relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi. 2) untuk mengetahui media apa yang dipakai oleh relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi. 3) untuk mengetahui apa saja gangguan dan rintangan yang dialami oleh relawan filantropi Indonesia dalam meningkatkan minat mitra berdonasi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan bulan maret 2022 sampai mei 2022 dengan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 5 orang informan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Menentukan perencanaan komunikasi yang digunakan relawan filantropi Indonesia yaitu dimulai dengan mengenal khalayak atau mitra dengan cara mengetahui kondisi kepribadian dan kondisi fisik mitra dan juga mengetahui situasi dimana mitra itu berada. Setelah itu menentukan program dan kegiatan, menentukan tujuan dan hasil dan yang terakhir mengembangkan pesan. 2) Media yang digunakan relawan filantropi Indonesia ada dua macam, yaitu media offline dan juga media online. 3) Gangguan dan rintangan yang dialami relawan filantropi Indonesia yaitu gangguan semantik, psikologis, teknis, media, lingkungan, waktu, rintangan fisik dan rintangan status.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Komunikasi, RFI, Minat Mitra, dan Donasi |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Jan 2023 04:24 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:30 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10888 |
Actions (login required)
Lihat Item |