Nuraeni, Rt. Enung (2022) Efektifitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fikih (Tema Haji dan Umroh) pada Peningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Siswa pada masa Pandemi COVID–19 di MTs Al-Hidayah Ciomas. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_182610013_COVER.pdf Download (114kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610013_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (531kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610013_BAB I.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_182610013_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
||
Teks
T_PAI_182610013_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
T_PAI_182610013_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (719kB) |
||
|
Teks
T_PAI_182610013_BAB V.pdf Download (319kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_182610013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pandemi covid-19 adalah penyebaran penyakit menular yang disebabkan oleh jenis virus Corona virus yang baru ditemukan dan melanda dunia termasuk Indonesia, berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan khususnya dunia pendidikan. Salah satu Untuk mencegah penyebarannya, masyarakat dilarang berkerumun, tetap tinggal di rumah, hal ini berdampak pada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, diperlukan ada kegiatan belajar yang efektif pada situasi masa pandemi ini, dalam hal ini kegiatan belajar mengajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 adalah pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh diharapkan motivasi dan hasil belajar siswa tetap meningkat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring mata pelajaran fikih (tema Haji dan Umroh) pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs. Al-Hidayah Ciomas . Populasi yang diambil adalah kelas VIII yang berjumlah 80 orang sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Penelitian Kuantitatif deskriptif karena metode ini menggambarkan fenomena yang terjadi secara, aktual, realistis, dan nyata terjadi pada saat sekarang yaitu untuk membuat deskripsi gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena yang diselidiki tentang metode pembelajaran efektif yang digunakan pada saat pandemi Covid-19. Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Efektifitas Model Pembelajaran Daring mata pelajaran fikih (tema Haji dan Umroh) pada peningkatkan Motivasi Belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs Al-Hidayah Ciomas diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,729 yang mengandung pengertian Variabel X memiliki kontribusi efektif sebesar 72, 9 % terhadap variabel Y1. 2) Efektifitas Pembelajaran Daring mata pelajaran fikih (tema Haji dan Umroh) pada peningkatkan Hasil Belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs Al-Hidayah Ciomas diperoleh koefisien determinasi (R Square) nilai korelasi 0,828 yang mengandung pengertian variabel X memiliki kontribusi efektif sebesar 82,8 % terhadap variabel Y2.. 3) Efektifitas Model Pembelajaran Daring mata pelajaran fikih (tema Haji dan Umroh) pada peningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs Al-Hidayah Ciomas sangat efektif yang memiliki kontribusi variabel X terhadap variabel Y1 sebesar 72, 9 % dan variabel X terhadap variabel Y2 sebesar 82,8 %.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih, Covid-19 |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 04:05 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 04:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10801 |
Actions (login required)
Lihat Item |