Hasanah, Nina Uswatun (2022) Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Muhajirin Kabupaten Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260054_Cover.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260054_Lampiran Depan.pdf Download (487kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260054_BAB I.pdf Download (394kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (709kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (891kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (602kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260054_BAB V.pdf Download (627kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260054_Daftar Pustaka.pdf Download (562kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, untuk mengetahui efektifitas media kartu dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dan mengetahui bagaimana kelayakan media kartu huruf untuk anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Muhajirin Kabupaten Serang Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah yang digunakan dalam mengembangkan media kartu huruf yaitu 5 langkah pengembangan. Sementara subyek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Muhajirin Kabupaten Serang. Adapun hasil yang diperoleh dari penerapan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca ini adalah sebagai berikut: berdasarkan hasil uji validasi media diperoleh hasil sebesar 97.14% dengan kategori ‘sangat layak’ dan hasil validasi materi sebesar 88.33% dengan kategori ‘sangat layak’ sedangkat hasil observasi penilaian kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Muhajirin diperoleh nilai 84.76% Dengan kategori’ Layak’. Penelitian dan pengembangan media kartu huruf masih memerlukan tindak lanjut agar diperoleh media pembelajaran yan berkualitas dan dapat digunakan dalam pembelajaran, peneliti menyarankan bagi penulis dapat mengembangkan media pembelajaran berupa media kartu huruf dengan berbagai bentuk yang lebih menarik dan lebih banyak materi yang dimuat didalamnya sehingga dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran. Bagi pembaca dapat melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran terutama media kartu huruf agar dapat dihasilkan produk yang inovatif untuk digunakan dalam pembelajaran dan bagi guru dapat menerapkan media kartu huruf dalam pembelajaran sehingga perkembangan anak berkembang secara optimal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak Usia Dini; Media Kartu Huruf; Membaca Permulaan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 03:22 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2022 03:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10243 |
Actions (login required)
Lihat Item |