Anisa, Anisa (2022) Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Sedayu pada Anak Usia Dini di TK Malnu Kebon Jeruk Menes Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260001_Cover.pdf Download (116kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260001_Lampiran Depan.pdf Download (558kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260001_BAB I.pdf Download (574kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260001_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (711kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260001_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (437kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260001_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (852kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260001_BAB V.pdf Download (356kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260001_Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Di antara pendidikan yang paling mulia yang wajib orang tua ajarkan adalah pendidikan Al-Qur'an. Dengan memberikan pendidikan al-qur‟an terhadap anak, secara tidak langsung orang tua menjunjungtinggi nilai-nilai syari‟at Islam. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui implementasi pembelajaran membaca Al-Qur'an menggunakan metode Sedayu pada anak usia dini dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran membaca Al-Qur'an menggunakan metode Sedayu di TK MALNU Kebon Jeruk Menes Pandeglang. Manfa‟atnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkait pembelajaran membaca Al-Qur‟an menggunakan metode Sedayu. Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alasan peneliti mengadakan penelitian di lingkungan ini, karena adanya kesesuaian dari permasalahan yang diangkat oleh peneliti mengenai implementasi pembelajaran membaca Al-Qur'an menggunakan metode Sedayu. Objek penelitian adalah anak usia dini yang berjumlah 5 orang anak. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret s/d buan Mei 2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini untuk: 1). Mengajarkan huruf hijaiyah sesuai makhorijul huruf, 2). Mengajarkan fashohah pada bacaan Al-Qur'an yang baik dan benar, 3). Mengajarkan kelancaran bacaan Al-Qur'an agar membaca Al-Qur'an nya tidak terputus-putus dan bisa merangkai huruf-huruf nya, 4). Mengajarkan bacaan Al-Qur'an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Adapun faktor pendukung dan penghambanya yaitu: a). Hambatan yang dialami yaitu karena kesibukan orang tua, dan anak yang malas serta jarang sekolah. b). Faktor pendukungnya yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, dorongan dari orang tua dan dari anak yang semangat nya tinggi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Membaca Al-Qur'an, Anak Usia Dini, Metode Sedayu |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 02:47 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2022 02:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10240 |
Actions (login required)
Lihat Item |