Fatimah, Iffat (2022) Pengembangan Media Tabung Angka untuk Mengenalkan Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181210002_Cover.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181210002_Lampiran Depan.pdf Download (970kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181210002_BAB I.pdf Download (251kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181210002_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (471kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181210002_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (282kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181210002_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (600kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181210002_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181210002_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan hasil implementasi media tabung angka untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 Tahun. Adapun latar belakang dari penelitian ini yakni, salah satu kegiatan pembelajaran yang masih sering memiliki kendala adalah pembelajaran mengenai materi angka. Ketika guru menjelaskan tentang pembelajaran angka tersebut kepada anak, guru hanya menggunakan media seadanya dan menyebabkan anak kurang tertarik dalam kegiatan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan juga kuesioner atau angket. Begitupun dengan teknik analisis data yang digunakan, ialah analisis data statistik deskriptif, yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membawa kesimpulan untuk umum atau generalisasi. Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan media tabung angka untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 tahun di RA Hidayatullah didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan media ini telah menghasilkan produk berupa media tabung angka untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 tahun dan sudah dikembangkan dengan tahapan-tahapan yang dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan hasil validasi ahli media didapat persentase sebesar 94%, dengan jumlah skor ini diketahui bahwa media pembelajaran ini dinyatakan “Sangat Layak” untuk digunakan; begitupun dengan hasil implementasi pengembangan media tabung angka untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 tahun ini, dilakukan pada 11 siswa dan dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan post test yang mengalami peningkatan sebesar 30,69%, dengan pretest 53,4% dan post test 84,09%, Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tabung angka efektif untuk mengenalkan angka pada anak usia 4-5 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Media; Tabung Angka; Pengenalan Angka; Anak Usia 4-5 Tahun |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2022 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10239 |
Actions (login required)
Lihat Item |