Apriyanti, Sri (2022) Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VII SMP Islam Raudlatul Fikrah Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210033_Cover.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210033_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (842kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210033_BAB I.pdf Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210033_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (435kB) |
||
Teks
S_PAI_171210033_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (377kB) |
||
Teks
S_PAI_171210033_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (523kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210033_BAB V.pdf Download (139kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210033_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII-2 SMP Islam Raudlatul Fikrah Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket atau quesioner. Data yang diperoleh dari hasil analisis korelasional menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X (keterampilan membuka dan menutup pembelajaran) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa) dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nilai koefesien korelasi sebesar 0,674 termasuk pada taraf (0,40-0,70) artinya bahwa tingkat hubungan berada dalam kategori sedang. Kemudian dari nilai 0,674 dikonsultasikan pada rtabel dengan N=32 dan taraf signifikan 5% (0,05) sehingga didapatkan nilai rtabel sebesar 0,349. Dengan demikian, karena rhitung 0,674 > rtabel 0,349 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak dengan nilai konstribusi sebesar 45,42% sisanya 54,58% dipengaruhi oleh faktor lain baik internal maupun eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara keterampilan membuka dan menutup pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. artinya bahwa apabila semakin baik keterampilan membuka dan menutup pembelajaran yang dilaksanakan maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Raudlatul Fikrah Kabupaten Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran, Motivasi belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 03:18 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 03:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10200 |
Actions (login required)
Lihat Item |