Maesaroh, Maesaroh (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan EQ (Emotional Quotient) Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Al-Jauharatun Naqiyah Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210072_COVER.pdf Download (29kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210072_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (388kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210072_BAB I.pdf Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210072_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (588kB) |
||
Teks
S_PAI_181210072_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (296kB) |
||
Teks
S_PAI_181210072_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (316kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210072_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210072_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Eq (Emotional Quotient) Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vll Di MTs Al-Jauharatun Naqiyah Kabupaten Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah karena Keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya saja, akan tetapi juga harus didukung oleh kecerdasan emosionalnya. guru pendidikan agama islam dituntut tidak hanya mencerdaskan siswa secara intelektual, tapi juga dituntut agar siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik sebagai bekal masadepan mereka dan masalah yang peneliti temukan dilapangan yaitu emosi siswa yang tidak terkendalikan,kurangnya menjalin hubungan yang baik,kurangnya mengatasi kesedihan yang berlebihan dan kurang disiplinnya siswa dalam masuk kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek pada penelitian ini adalah guru PAI, siswa, dan kepala sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi data, data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, analisis data, validasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kecerdasan emosional siswa di MTs Al-Jauharatun Naqiyah kabupaten tangerang memiliki beragam macam emotional quotient, ada yang memiliki sikap yang baik dan mudah terkontrol emosinya ketika melaksanakan pembelajaran berlangsung dan ada juga yang tidak mampu mengontrol emosinya sehingga membuat kegaduhan di dalam kelas. Pengembangan emotional quotient siswa di bimbing agar siswa memiliki moral dan akhlak yang baik baik itu ketika berada di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat, Memberikan memberikan pengajaran religius seperti membiasakan siswa mengikuti sholat duha, tadarusan sebelum memulai pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Guru PAI, Kecerdasan Emosional |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2022 08:09 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2022 08:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10197 |
Actions (login required)
Lihat Item |