Lutfiah, Siti Nurul (2022) Pengembangan Media Kartu Gambar Berbasis Budaya Lokal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD untuk Menemukan Gagasan Pokok. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240071_Cover.pdf Download (56kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240071_Lampiran Depan.pdf Download (354kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240071_Bab I.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240071_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (261kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240071_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (364kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240071_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (3MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240071_Bab V.pdf Download (9kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240071_Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan dan penggunaan media pembelajaran di SD Negeri Sumber Agung khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV. Kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran sering kali membuat peserta didik kurang kondusif dalam mengikuti pembelajaran. Pengenalan budaya lokal kepada peserta didik masih belum maksimal karena cenderung berpaku pada teori sehingga masih banyak peserta didik yang belum mengenal budaya di daerahnya. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengenai media kartu gambar berbasis budaya lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD untuk menemukan gagasan pokok, dengan adanya media kartu gambar ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang berpariatif dan dapat menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media kartu gambar berbasis budaya lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD untuk menemukan gagasan pokok, dan mengetahui kelayakan media kartu gambar berbasis budaya lokal pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD untuk menemukan gagasan pokok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, development, disseminate. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi diperoleh skor total 4,20 termasuk kriteria sangat valid dengan nilai persentase 84% termasuk kriteria sangat layak, hasil penilaian ahli media diperoleh skor total 5,00 termasuk kriteria sangat valid dengan nilai persentase 100% termasuk kriteria sangat layak dan hasil data respon siswa diperoleh jumlah skor rata-rata 4,22 termasuk kriteria sangat valid dengan hasil persentase 84%, maka dapat dikatakan bahwa media kartu gambar berbasis budaya lokal sangat layak digunakan oleh peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Kartu Gambar, Budaya Lokal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Gagasan Pokok |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 01:35 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2022 01:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10189 |
Actions (login required)
Lihat Item |