Rohmatika, Vina (2022) Pembiasaan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Jari Qur’an pada Anak Tunagrahita dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210122_COVER.pdf Download (167kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (696kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_BAB I.pdf Download (607kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_BAB II.pdf Download (641kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_BAB III.pdf Download (334kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_BAB IV.pdf Download (525kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_BAB V.pdf Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210122_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode jari Qur’an pada anak tunagrahita. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an anak tunagrahita. 3) Untuk mengetahui pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode jari Qur’an pada anak tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan pada 5 anak tunagrahita dengan kondisi tunagrahita ringan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Membaca Al-Qur’an dengan metode jari Qur’an dilakukan setiap hari senin dan selasa menggunakan pendekatan individu, menggunakan alat peraga jari tangan. Diakhir pembiasaan terdapat pembagian reward sehingga memotivasi anak tunagrahita untuk lebih semangat belajar. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an anak tunagrahita sebelum mengikuti pembiasaan yaitu hanya bisa membaca huruf hijaiyah tidak lebih dari tiga huruf dan belum bisa membaca huruf hijaiyah dengan baik, sering tertukar huruf, hanya ingat nyanyiannya saja. Setelah dilakukan pembiasaan anak tunagrahita bisa membaca huruf dengan baik 3) Pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan metode jari Qur’an mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak tunagrahita, Hal tersebut dapat dibuktikan dan dilihat setelah dilaksanakannya pembiasaan yaitu dalam mengingat dan membaca huruf hijaiyah semakin baik, dapat membaca kata sederhana dan tidak sembarang menyebut huruf dalam membaca huruf hijaiyah. Dengan metode jari Qur’an antusias anak untuk belajar meningkat. Fokus anak dalam belajarpun mengalami peningkatan. Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak tunagrahita sedikit demi sedikit bertambah setiap dilakukannya pembiasaan meskipun ada beberapa huruf yang sulit atau masih belum dikuasai dengan baik dan masih memerlukan bantuan guru dalam membacanya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Jari Qur’an; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Tunagrahita. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Sep 2022 06:26 |
Perubahan Terakhir: | 15 Sep 2022 06:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
Lihat Item |