Pengaruh Implementasi Model Contextual Teaching and Learning terhadap Sikap Positif Peserta Didik pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di MTsN 2 Kabupaten Serang)

Rahmawati, indri (2022) Pengaruh Implementasi Model Contextual Teaching and Learning terhadap Sikap Positif Peserta Didik pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di MTsN 2 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Cover.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Bab I.pdf

Download (185kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Bab II.pdf

Download (434kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Bab III.pdf

Download (408kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Bab IV.pdf

Download (439kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Bab V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210013_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Permasalahan akhlak Peserta didik di era modern ini, masih banyak juga peserta didik yang hanya memahami materi pelajaran akidah akhlak tetapi tidak diaplikasikan di kehidupan, Rumusan masalah penelitian ini yaitu:bagaimana sikap positif peserta didik, pelaksanaan, dan pengaruh model CTL. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana sikap positif peserta didik,untuk mengetahui pelaksanan penerpan model CTL dalam mata pelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui pengaruh model CTL pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap sikap positif peserta didik. Dan manfaat penelitian ini ialah hasil dari penelitian di harapkan memberikan wawasan dalam dunia pendidikan serta memberikan informasi yang berkaitan dengan model pembelajaran CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen.dengan menuliskan dua kelompok dalam penulisan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik Pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik angket, dan manfaat penelitian ini diharapkan dapat membeikan wawasan dalam dunia pendidikan serta memberi informasi yang berkaitan dengan model pembelajaran CTL. Hasil penelitian yang sudah dilakukan berdasarkan hasil dari pemberian respon dari kedua kelompok dengan mengisi lembar angket yang terdiri dari 20 butir soal pernyataan, setelah melakukan penelitian dan menganalisis data dapat disimpulkan Hasil dari keseluruhan respon kelompok eksperimen yaitu 2285 dengan nilai rata- rata 85 mendapat hasil “baik”. Sedangkan untuk kelompok kelas kontrol memperoleh jumlah keseluruhanya yaitu 1750 dengan nilai rata-rata 66 mendapatkan hasil“ Cukup”. Berdasarkan hasil uji t dan analisis data menggunakan α sebesar 5% diperoleh nilai t tabel 2,007 dan t hitung 5,48. (5.48>2.007) dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. nilai ini menunjukkan adanya hubungan atau pengaruh yang signifikan antara Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dengan Sikap Positif Peserta Didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Contextual Teaching and Learning, Sikap Positif
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 06:30
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2022 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.