Efektifitas Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Siswa di SMP Istafad Islamic School Kabupaten Tangerang

Ilmiah, Siti Iim (2022) Efektifitas Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Siswa di SMP Istafad Islamic School Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (335kB)
[img] Teks
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Teks
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (300kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstrak

Manajemen kelas dilakukan oleh guru dalam proses belajar agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan tenang dan guru dapat menyampaikan materi dengan mudah tanpa adanya hambatan. Untuk itu keterampilan seorang pendidik dalam mengelola kelasnya harus benar-benar dipersiapkan sebelum memulai proses belajar mengajar agar nanti tetap pada jalur keberhasilan dan hasil dari proses pembelajaran tersebut bisa dirasakan apakah sudah maksimal atau belum maksimal. Dari hal tersebut yang menjadi rumusan masalah pada pebelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas dalam proses belajarnya, dan Bagaimana efektifitas manajemen kelas dalam proses belajar di SMP Istafad Islamic School Kab. Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas dalam proses belajar, dan untuk mengetahui efektifitas manajemen kelas dalam proses belajar siswa di SMP Istafad Islamic School Kab. Tangerang. Dan manfaat teoretis dari penelitian ini yaitu dapat dijadikan landasan dalam mengimplementasikan manajemen kelas dalam proses belajar mengajar agar tetap berjalan dengan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang berupa kata-kata, tulisan tulisan atau lisan dan gambaran. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan manajemen kelas dalam proses belajar sudah dilakukan dengan baik, dengan menggunakan fungsi manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian kelas sesuai dengan apa yang tertuang di RPP, faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas dalam proses belajar ini yaitu: faktor pendukungnya berhubungan dengan guru yang sudah memahami fungsi manajemen kelas, sedangkan faktor penghambatnya berhubungan dengan sarana prasarana dan keadaan peserta didik, dan efektifitas manajemen kelas dalam proses belajar di SMP Istafad Islamic School sudah cukup efektif dengan kualitas guru yang memahami manajemen kelas, seperti pengaturan suasana kelas, pengaturan tempat duduk, dan pengaturan ruangan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I: Dr. H Abdul Muin, S.Ag., M.M. Pembimbing II: Dr. H. Agus Gunawan, M. Pd.
Kata Kunci (keywords): manajemen kelas, belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2022 03:12
Perubahan Terakhir: 25 Apr 2022 04:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.