Umiyati, Lelih (2022) Pengembangan Modul Materi Jujur Pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam Dengan metode bermain Peran kelas VIII di SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, u.
|
Teks
1.COVER.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN TESIS.pdf Download (563kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (441kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (405kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (782kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN BELAKANG TESIS.pdf Download (208kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Untuk dapat meningkatkan pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan minat belajar siswa di perlukan metode yang mendukung terhadap bahan ajar dalam kegiatan peserta didik. Metode pembelajaran menarik saat ini merupakan bagian dari indikator keberhasilan peserta didik, pada pelaksanaannya harus memakai metode dan desain yang sesuai dengan peserta didik sehingga dapat memahami materi baik kognitif maupun dapat mengaplikasikannya. Dalam penelitian ini Peneliti mengembangkan Modul materi jujur pada mata pelajaran PAI dengan metode bermain peran kelas VIII di SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul materi jujur pada mata pelajaran PAI dengan bermain peran agar tersusunnya desain, konsep isi materi modul, yang sesuai dengan peserta didik Sehingga dapat menumbuhkan persepsi, minat peserta didik yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan Dick & Carey. Kelayakan produk dilakukan dengan beberapa tahap yaitu validasi produk dengan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Selanjutnya, peneliti melakukan uji lapangan pada pengguna yaitu 30 siswa SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Modul Berdasarkan hasil validasi produk diperoleh pesentasi hasil penilaian ahli materi 94,5 %, ahli media 69,75 % dan ahli bahasa 90%. hasil dari uji lapangan diperoleh hasil 71,28 %, prestasi siswa diperoleh rata rata nilai 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul dengan metode bermain peran layak digunakan sebagai media pembelajaran PAI pada peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | pengembangan modul, bermain peran, pembelajaran PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 01 Apr 2022 05:08 |
Perubahan Terakhir: | 25 Apr 2022 04:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8347 |
Actions (login required)
Lihat Item |