Putihat, Puput (2022) Pengaruh Metode Tsawab dan Iqob terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Puput Putihat, NIM. 142101873, Judul Skripsi: “Pengaruh Metode Tsawab dan Iqob terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits”. Penelitian ini dilatar belakangi guru memberikan Tsawab (hadiah) kepada siswa yang mengerjakan tugas, menyelesaikan hafalan dan nilai ulangan harian yang mencapai KKM. Tsawab yang di berikan guru berupa pujian, alat tulis, dsb, yang bermafaat dan berhubungan dengan pembelajaran. Guru juga memberikan Iqob terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas, tidak menyelesaikan hafalan dan nilai yang belum mencapai KKM. Iqob yang diberikan guru berupa hafalan tambahan, tugas tambahan dsb. Semua yang dilakukan pendidik sematamata hanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh Metode Tsawab dan Iqab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di kelas VIII SMP Daarul Yaqiin kota serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP islam Daarul Yaqiin. Populasi meliputi siswa kelas VIII SMP Islam daarul Yaqiin seluruhnya yang berjumlah 105 siswa dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket yang terdiri dari satu buah angket yang masing-masing berjumlah 20 item pernyataan untuk mengukur variable Pengaruh Metode Tsawab dan Iqob terhadap Hasil Belajar Siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1)Metode Tsawab dan Iqob (variabel X) diperoleh X adalah 2,85 yang menunjukan normal. Sedangkan, 2) Hasil Belajar mata pelajaran Qur’an Hadits (variabel Y), diperoleh Y adalah 2,85 yang menunjukanangka normal. Hasil analisis korelasi dari kedua variabel yaitu variabel X dengan variabel Y diperoleh indeks koefisisen korelasi “r” sebesar 0,68 dan setelah di rujuk dari tabel interprestasi ternyata nilai “r” diantara (0,66- 0,100) yang menunjukan adanya korelasi yang kuat atau tinggi dari Pengaruh Metode Tsawab dan Iqob (variabel X) terhadap hasil belajar siwa (variabel Y) Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian : Pengaruh Metode Tsawab dan Iqob (variabel X) terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’dits (variabel Y) terdapat korelasi yang cukup tinggi. Artinya adanya pengaruh Metode Tsawab dan Iqob terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran qur’an Hadits
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Tsawab dan Iqob, Hasil belajar siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mar 2022 06:50 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mar 2022 06:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
Lihat Item |