Purnamasari, Linda (2022) Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Simpang Tiga Tarogong, Margasana, Pagelaran, Pandeglang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Linda Purnamasari, Nim: 171410132, judul skripsi “Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Simpang Tiga Tarogong, Margasana, Pagelaran, Pandeglang-Banten)” Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku berbelanja masyarakat yang menarik didalam minimarket indomaret seperti melakukkan impulse buying atau perilaku pembelian tidak direncanakan sebelumnya, hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang ritel seperti melakukannya program potongan harga. Konsumen sering melakukan impulse buying karena tertarik dengan potongan harga yang diberikan oleh minimarket Indomaret tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Price Discount terhadap Impulse Buying pada pelanggan minimarket Indomaret Simpang tiga Tarogong Margasana Pagelaran Pandeglang-Banten, 2) Seberapa besar pengaruh price discount terhadap impulse buying pada pelanggan minimarket Indomaret Simpang tiga Tarogong Margasana Pagelaran Pandeglang-Banten? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Price Discount terhadap Impulse Buying pada pelanggan minimarket Indomaret Simpang tiga Tarogong Margasana Pagelaran Pandeglang-Banten. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh price discount terhadap impulse buying pada pelanggan minimarket Indomaret Simpang tiga Tarogong Margasana Pagelaran Pandeglang-Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisi data menggunakan bantuan softwere SPSS versi 26. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas), analisis regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t). Berdasarkan analisis data yang telah penulis lakukan, secara parsial price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel 7,424 > 1,988447. Dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 <0,05). Dengan demikian variabel price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pelanggan Minimarket Indomaret Simpang Tiga Tarogong, Margasana, Pagelaran, Pandeglang-Banten. Berdasarkan hasil Nilai koefisien determinasi R square (R²) sebesar 0,360. Hal ini berarti variabel Price Discount dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap Impulse Buying sebesar 36.0%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 64,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Price Discount, Impulse Buying Pelanggan Indomaret |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Feb 2022 08:28 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2022 08:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8162 |
Actions (login required)
Lihat Item |