Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Tari Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) (PTK di Kelas V SD Negeri Tegal Anyer)

Anjasari, Amelia (2022) Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Tari Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) (PTK di Kelas V SD Negeri Tegal Anyer). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (462kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (509kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (473kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Amelia Anjasari. 161240042. 2020. Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Tari Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) (PTK di Kelas V SD Negeri Tegal Anyer) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya materi tari dengan menggunakan model project based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Model Kemmis & Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran project based learning pada pembelajaran seni budaya dan prakarya materi tari siswa kelas V SDN Tegal Anyer dapat terlaksana dengan baik. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh nilai 68 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai 97 dengan kualifikasi sangat baik. 2) Kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya materi tari mengalami peningkatan didukung dengan penilaian kinerja individu dalam menciptakan gerak tari merak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian kinerja dari pra siklus hingga siklus II. Hasil rata-rata pada pra siklus hanya mendapat 60, pada siklus I mendapatkan rata-rata 69, dan pada siklus II nilai rata-rata mampu mencapai 80. Selain itu, hasil presentase ketuntasan kreativitas siswa pada pra siklus memiliki presentase sebesar 40% , pada siklus I memiliki presentase 53% , dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 83%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kreativitas, Seni Tari, Model Project Based Learning.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Jan 2022 08:34
Perubahan Terakhir: 26 Jan 2022 08:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.