Sari, Richa Mustika (2021) PENGEMBANGAN MINI BOOK PADA MATERI HEWAN DI SEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA (R&D di Kelas II SDN Gembor Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Richa Mustika Sari, NIM: 161240097, 2021. PENGEMBANGAN MINI BOOK PADA MATERI HEWAN DI SEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA (R&D di Kelas II SDN Gembor Kabupaten Serang-Banten). Latar belakang penelitian ini adalah terdapat beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang kurang menarik minat siswa, selain itu juga siswa merasa bosan dan jenuh ketika mengikuti pembelajaran yang berkaitan dengan teks bacaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media mini book pada materi hewan di sekitarku dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa ?, 2) Bagaimana efektivitas media mini book pada materi hewan di sekitarku dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa ?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menghasilkan media mini book pada materi hewan di sekitarku untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa, 2) untuk mengetahui efektivitas media mini book pada materi hewan di sekitarku dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa rubrik penilaian pakar, observasi, wawancara, angket, dan rubrik penilaian membaca lancar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kuantitatif dengan pemeriksaan persentase rata-rata dan pemeriksaan validitas menggunakan exploratory factor analysis, reliabilitas dihitung dengan teknik inter-rater-reliability,yaitu dengan menggunakan metode percent agreement. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 46 orang siswa kelas II SDN Gembor dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor kualifikasi berjumlah 3,66 kategori dengan tingkat validitas “Sangat Baik”, 2) Hasil validitas ahli materi memperoleh skor kualifikasi 3,65 kategori dengan tingkat validitas “Sangat Baik”, 3) Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh skor 9,85% atau 9,85 kategori “Sangat Baik”, 4) Tingkat kemampuan membaca lancar siswa Kelas II SDN Gembor mengalami peningkatan, dari hasil uji coba dengan menggunakan produk mini first book dengan perolehan skor 0,39 atau 39% kategori keefektifan produk “Tidak Baik”, setelah digunakannya media mini book pada materi hewan di sekitarku siswa mampu membaca lancar dan mengalami peningkatan dengan perolehan skor menjadi 0,63 atau 63% kategori keefektifan produk “Baik”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, media mini book hewan di sekitarku layak digunakan dalam pembelajaran karena mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Mini Book, Membaca Lancar. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 03:25 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 03:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7345 |
Actions (login required)
Lihat Item |