Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pre-eksperimen di kelas V SDN Rancalutung)

Nidia, Feni (2021) Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pre-eksperimen di kelas V SDN Rancalutung). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks (COVER)
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (179kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (343kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (479kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (281kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB)

Abstrak

Feni Nidia. 152400887. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pre-eksperimen di kelas V SDN Rancalutung). Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDN Rancalutung Kabupaten Serang yaitu, kurangnya keterampilan siswa dalam menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia, dan kesulitan siswa dalam mengembangkan gagasan yang dimilikinya kedalam bentuk puisi. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum bisa membuat puisi sesuai dengan tema dan judul yang mereka tulis. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan dalam belajar menulis puisi masih bertumpu pada hambatan pembelajaran klasik konvensional yang belum mampu menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre- eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest menggunakan sampel 25 siswa. Penggunaan metode pembelajaran dalam pembelajaran mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 66,3 sedangkan pada pembelajaran yang tidak menggunakan metode edutainment mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 47,1. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan menulis puisi siswa dengan tes uraian (essay) yang telah divalidasi. Kemudian dianalisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t untuk dua sampel yang saling berpasangan dan diperoleh nilai signifikan to 64,533 > 2,064 = ttabel dan menunjukan pengaruh positif penerapan metode edutainment terhadap keterampilan menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): metode edutainment, Keterampilan, dan menulis puisi.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2021 07:56
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2021 07:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.