Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Sambung Hijaiyah pada Mata Pelajaran BTQ (Studi Eksperimen di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang).

Suryati, Suci (2021) Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Sambung Hijaiyah pada Mata Pelajaran BTQ (Studi Eksperimen di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1 COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2 bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (469kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (431kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (546kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (446kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (701kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (207kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Suci Suryati. NIM: 142101940. Dengan judul Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Menulis Huruf Sambung Hijaiyah pada Mata Pelajaran BTQ (Studi Eksperimen di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis huruf sambung hijaiyah. Rendahnya keterampilan menulis siswa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain metode pembelajaran yang digunakan kurang mendukung latihan keterampilan motoris siswa, kurangnya bimbingan guru dalam proses latihan menulis serta proses pembelajaran yang kurang mengikutsertakan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan metode drill dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah siswa pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang., Bagaimana keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah siswa pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang dan Bagaimana pengaruh penggunaan metode drill terhadap keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas Kab. Serang. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penggunaan metode drill dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang., Untuk mengetahui keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang dan Bagaimana pengaruh penggunaan metode drill terhadap keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah siswa pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, Kab. Serang. Dan manfaatnya adalah dengan diketahui ada atau tidaknya pengaruh metode drill atau latihan dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah siswa pada mata pelajaran BTQ iii dapat memberikan petunjuk bagi para pengajar untuk menggunakan metode pembelajaran yang sesuai guna tercapainya tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian control group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, dibuktikan dari skor rata-rata keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah siswa pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan sebesar 83,53 sedangkan pada kelas kontrol adalah 65,46. Dan dari perhitungan thitung yang berada pada daerah penerimaan Ha (thitung > ttabel atau 21,7 > 1,669) yang berarti Ha diterima dan dinyatakan terdapat perbedaan antara keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan dari penggunaan metode drill terhadap peningkatan keterampilan menulis huruf sambung hijaiyah pada mata pelajaran BTQ di MTs Al-Hidayah Ciomas, kabupaten Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pembelajaran Drill dan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 31 Mei 2021 01:19
Perubahan Terakhir: 31 Mei 2021 01:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.