Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Kananga Menes Pandeglang)

Nurjanah, Siti (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Kananga Menes Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB)
[img] Teks
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (440kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (470kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (433kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (185kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB)

Abstrak

Siti Nurjanah 161210123. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Kananga Menes Pandeglang) Tujuan penelitian ini adalah : 1) menjelaskan proses pengembangan media pembeajaran video tutorial pada mata pelajaran fikih materi jual beli. 2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran fikih materi jual beli. 3) mengetahui hasil respon siswa tentang efektivitas media pembeajaran video tutorial pada mata pelajaran fikih materi jual beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Borg and Gall, tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas tujuh langkah diantaranya, identifikasi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Produk yang dikembangkan berupa video tutorial materi jual beli. Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah angket dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas X Madrasah Alyah Al-Ishlah kananga dngan jumlah 15 orang. Hasil pengembangan validasi angket media pembelajaran video tutorial, yaitu presentase skor penilaian dari ahli materi 87%, presentase skor penilaian dari ahli media yaitu 81%, dan presentase skor penilaian dari responden siswa yaitu 85%. Berdasarkan hasil penilaian dan respon dari siswa yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial ini baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran fikih materi jual beli.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Video Tutorial, Fikih, Jual Beli.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Mei 2021 04:39
Perubahan Terakhir: 27 Mei 2021 04:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6713

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.