Pengaruh Metode Predict Observe Explain Terhadap Prestasi Belajar Tentang Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya Pada Mata Pelajaran IPS (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Kaliasin 3)

Sodikin, Moh. (2021) Pengaruh Metode Predict Observe Explain Terhadap Prestasi Belajar Tentang Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya Pada Mata Pelajaran IPS (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Kaliasin 3). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1.COVER SKRIPSI SODIKIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Teks
2. LAMPIRANDEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (716kB)
[img] Teks
3.BAB I SODIKIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)
[img] Teks
4.BAB II SODIKIN.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (142kB)
[img] Teks
5.BAB III SODIKIN.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (519kB)
[img] Teks
6.BAB IV SODIKIN.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (840kB)
[img] Teks
7.BAB V SODIKIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)

Abstrak

Moh. Sodikin. 122700514. 2019. Pengaruh Metode Predict Observe Explain Terhadap Prestasi Belajar Tentang Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya Pada Mata Pelajaran IPS (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Kaliasin 3). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pemahaman materi sumber daya alam dan belum adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan metode predict observe explain yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajran predict observe explain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaliasin 3 tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest and posttest control group design. Sampel yang diambil adalah kelas IV A (kelas eksperimen) dan IV B (kelas kontrol). Instrumen penelitian ini menggunakan tes subjektif berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis posttest uji t dengan menunjukkan ditolak dan diterima yaitu dengan perolehan = 10,39 dan = 2,010 dengan α = 0,05. Kemudian membandingkan dengan diperoleh ≥ . Dilihat dari hasil belajar siswa, siswa kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 16% dan kelas kontrol sebesar 14%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode predict observe explain cukup baik dibandingkan dengan pembelajaran yang konvensional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pengaruh metode, predict observe explain, dan prestasi belajar,
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 04:47
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.