Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia (Kuasi Eksperimen dikelas V SDIT Cahaya La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang)

Widiawati, Yayu (2021) Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia (Kuasi Eksperimen dikelas V SDIT Cahaya La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (423kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (181kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (365kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)

Abstrak

Yayu Widiawati, NIM: 122700486, Judul Skripsi: Pengaruh Metode Karya wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Masa Islam Di Indonesia (Kuasi Eksperimen dikelas V SDIT Cahaya La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada siswa dari dua kelas yaitu kelas V/B (kelompok eksperimen), dan kelas V/A (kelompok control). Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan metode karyawisata memperoleh rata-rata nilai posttest 69.52 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai posttest 65. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung > ttable, t hitung = 0.926 dan t table = 2.085. hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen dengan kelompok yang tidak. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran dengan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pembelajaran Karyawisata, hasil belajar siswa, Metode Kuasi eksperimen
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 04:26
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 04:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.