Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SMPN 2 Waringinkuring)

Solihat, Ihat (2021) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SMPN 2 Waringinkuring). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (374kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (485kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (142kB)

Abstrak

Ihat Solihat, NIM 122111449, Judul Skripsi: Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi di SMPN 2 Waringinkuring). Kemampuan kecerdasan emosional biasanya lebih mendahulukan perasaan dibandingkan pemikiran atau logika. Meskipun begitu, kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang besar ketika dihadapkan pada problematika kehidupan. Untuk meminimalisi rmasalah tersebut, perlu adanya pendidikan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merubah akhlak menjadi lebih baik. Pentingnya pendidikan agama Islam untuk dipelajari, umumnya pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menanamkan akhlak mulia kepada peserta didik. Selain itu juga, dengan pendidikan agama Islam dapat mengontrol diri, sehingga dapat memberikan kecerdasan emosional peserta didik. Untuk itu , perlu adanya motivasi belajar kepada peserta didik. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Waringinkurung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang memusatkan perhatian pada gejela-gejela yang mempunyai karakteristik tertentu di dalam kehidupan manusia yang dinamakannya sebagai variable. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah Berdasarkan perhitungan statistika, hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Isalam (PAI) kelas VIII di SMPN 2 Waringinkurung kurangyaitu sebesar 13,69%. Artinya 13,69% kecerdasan emosional mempengaruhi motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sisanya sebesar 86,31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti misalnya lingkungan kelas, faktor fisik dan lain-lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kecerdasan Emosional, MotivasiBelajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2021 02:04
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2021 02:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.