Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Eksperimen kelas XI IPA 4 di MAN 1 Kota Serang)

Muflihah, Muflihah (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Eksperimen kelas XI IPA 4 di MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1 COPER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB)
[img] Teks
2 bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (372kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (245kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (449kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (372kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (219kB)

Abstrak

Muflihah. 152101987. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Eksperimen kelas XI IPA 4 di MAN 1 Kota Serang). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Eksperimen kelas XI IPA 4 di MAN 1 Kota Serang). Latar Belakang penelitian ini adalah pentingnya sebuah metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dikarenakan masih banyak seorang guru yang belum menggunakan metode Problem Solving ini dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi Patuh dan Hormat Terhadap Guru dan Orang Tua. Karena di dalam menyampaikan ilmu pengetahuan memerlukan persiapan perencanaan pembelajaran serta penggunaan metode pembelajaran yang sangat tepat yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan atau yang akan dibahas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kuantitatif Eksperimen Kuasi. Teknik yang digunakan dalam meneliti yaitu dari hasil wawancara, dokumentasi serta tes Evaluasi Pre-Test dan Post-Tets. Maka dengan hal itu peneliti bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana “ Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 4 MAN 1 Kota Serang dengan jumlah siswa 34 siswa yaitu diantaranya 22 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan yang berdasarkan beberapa tahapan yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata Kelas Eksperimen 92. Sedangkan Kelas Kontrol 79. Dengan demikian dengan menggunakan metode Problem Solving ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara Signifikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Eksperimen kelas XI IPA 4 di MAN 1 Kota Serang).
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 08 Apr 2021 05:07
Perubahan Terakhir: 08 Apr 2021 05:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.