Studi Deskriptif Kesulitan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Materi Menulis Puisi

Ulfah, Nurul (2021) Studi Deskriptif Kesulitan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Materi Menulis Puisi. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
cover skripsi baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (50kB)
[img] Teks
pernyataan skripsi sampai kata pengantar nurul ulfah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (359kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (255kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (478kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (600kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (273kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (183kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB)

Abstrak

Nurul Ulfah. Nim: 161240090, 2020. Judul Skripsi: Studi Deskriptif Kesulitan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Materi Menulis Puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) materi menulis puisi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi di SD Negeri Benoa Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer berupa kuesioner atau angket tertutup dan wawancara terbuka. Yang menjadi responden adalah guru kelas 4 dan guru kelas 5 yang berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk materi menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata 62,5% masuk pada kriteria setengahnya, artinya setengah dari responden mengalami kesulitan menggunakan media pembelajaran ketika pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi, selanjutnya yang menjadi kesulitan adalah guru tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar yang memiliki nilai rata-rata 56,25%, masuk pada kriteria setengahnya artinya setengah dari responden tidak pernah menulis puisi untuk dijadikan bahan ajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): kesulitan guru, menulis, puisi.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 26 Mar 2021 03:48
Perubahan Terakhir: 26 Mar 2021 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.