Efektifitas Penerapan Pendekatan Humanistik Dan Metode Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Experimen di Kelas XI SMAIT Bina Insani Waringin Kurung, Kab Serang)

Sudrajat, Ajat (2021) Efektifitas Penerapan Pendekatan Humanistik Dan Metode Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Experimen di Kelas XI SMAIT Bina Insani Waringin Kurung, Kab Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
Cover Tesis.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)
[img] Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (766kB)
[img] Teks
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (291kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (431kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (393kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB)
[img] Teks
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (149kB)

Abstrak

Ajat Sudrajat, NIM : 162010021. Efektifitas Penerapan Pendekatan Humanistik Dan Metode Active Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Experimen di Kelas XI SMAIT Bina Insani Waringin Kurung, Kab Serang) Tesis,Program Pascasarjana UIN “Sultan Maulana Hasanudin” Banten 2020 Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui Efektifitas Penerapan pendekatan Humanistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Bina Insani,(2). Untuk mengetahui Efektifitas Penerapan Metode Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Bina Insani (3). Untuk mengetahui Efektifitas Penerapan pendekatan Humanistik Metode Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAIT Bina Insani secara bersama sama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, penelitian ini menggunakan eksperimen, kemudian penelitian ini mengggunakan dua kelompok yiatu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau kelompok pembanding,sampel penelitian ini sebanyak 37 siswa untuk kelas eksperimen atau yang menggunakan pendekatan humanistic dan penggunaan metode active learning dan 38 siswa untuk kelas kontrol atau yang menggunakan pendekatan konsep dan metode ceramah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Efektifitas Penerapan pendekatan humanistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu diperoleh nilai rata-rata 83,28 pada kelas eksperimen dan kelas control 75,92. Dan Efektifitas Penerapan metode active learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 81,66 pada kelas eksperimen dan 65,01 pada kelas control. Dari hasil uji hipotesis di peroleh nilai Fhitung 7,802 lebih besar dari nilai Ftab = 3,96 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak sedangkan H1 diterima. Dengan demikan terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan Penerapan pendekatan humanistik dan metode Active Learning dengan hasil belajar PAI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan, Humanistik dan Metode Active Learning, Penelitian Eksperimen
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mar 2021 04:13
Perubahan Terakhir: 23 Mar 2021 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.