Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide Untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membaca Cerita Di Kelas IV SD (R&D pada Kelas IV di SDN Benoa Kabupaten Serang-Banten)

Mahmudah, Wulan Kuriati (2021) Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide Untuk meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membaca Cerita Di Kelas IV SD (R&D pada Kelas IV di SDN Benoa Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB)
[img] Teks
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (672kB)
[img] Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (334kB)
[img] Teks
BAB 2.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (533kB)
[img] Teks
BAB 3.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (513kB)
[img] Teks
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (323kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (325kB)

Abstrak

Wulan Kuriati Mahmudah, NIM: 161240099, 2020. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS POHON IDE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA CERITA DI KELAS IV SD (R&D pada Kelas IV di SDN Benoa Kabupaten Serang-Banten) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sebuah Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide dalam meningkatkan pemahaman siswa membaca cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Reasearch and Develompment) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu : Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif dengan pemeriksaan validitas menggunakan exploratory factor analysis, reliabilitas dihitung dengan teknik inter-rater-reliability, yaitu dengan menggunakan metode percent agreement. Hasil dari penelitian menunjukkan: hasil rekapitulasi uji kelayakan produk Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide pada aspek fisik/tampilan mendapatkan skor total berjumlah 4,4 kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, pada aspek isi skor total berjumlah 4,18 kategori tingkat validitas “Sangat Baik”, dan pada aspek fungsional skor total berjumlah 4,44 kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sehingga hasil akhir rekapitulasi dari ke-3 aspek tersebut memperoleh nilai kualifikasi berjumlah 4,34 kategori tingkat validitas “Sangat Baik”. Sementara reliabilitas pada tahap pengujian ke-1 Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide memperoleh jumlah IRR sebesar 0,70 atau 70% kategori reliabilitas “Baik atau B”, pada tahap ke-2 jumlah IRR sebesar 0,54 atau 54% kategori reliabilitas “Cukup atau C”, dan pada tahap ke-3 jumlah IRR sebesar 0,91 atau 91% kategori reliabilitas “Sangat Baik atau A”. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemahaman siswa di Kelas IV SDN Benoa mengalami peningkatan disetiap evaluasinya, dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide memperolehan skor berjumlah 0,05 atau 5% kategori “Sangat Kurang atau E”, menjadi 0,84 atau 84% kategori “Sangat Baik atau A” setelah menggunakan produk Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide untuk evaluasi ke-2, dan terus mengalami peningkatan menjadi 100 atau 100% setelah menggunakan produk untuk evaluasi ke-3. Produk Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide juga dapat digunakan untuk membantu siswa memahami isi teks materi dan soalnya dengan jumlah skor 0,97 atau 97% kategori “Sangat Baik atau A”. Sementara hasil respon siswa terhadap produk menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Berbasis Pohon Ide mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca cerita di Kelas IV A SDN Benoa pada evaluasi ke-1 dengan rerata skor sebesar 88,1% kategori “Sangat Baik atau A”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lembar Kerja, Pohon Ide, Cerita
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 22 Feb 2021 02:13
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 06:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.