MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DI SMP ISLAM AL AZHAR 27 DAN SMP YPWKS KOTA CILEGON

Faridhoh, Umi (2020) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DI SMP ISLAM AL AZHAR 27 DAN SMP YPWKS KOTA CILEGON. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (30kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (467kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (328kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (507kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (361kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (494kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)

Abstrak

Nama: Umi Faridhoh, NIM: 182410095 Judul: “Manajemen Pemasaran Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Loyalitas Pelanggan Di SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS Kota Cilegon”. Era globalisasi di berbagai bidang kehidupan turut berdampak pada meningkatnya persaingan antar lembaga pendidikan terutama pada lembaga pendidikan tingkat menengah pertama, sehingga setiap lembaga pendidikan harus mampu mengikuti kompetisi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, lembaga pendidikan tidak dapat lagi dikelola dengan paradigma dan cara-cara lama. Lembaga pendidikan perlu dikelola secara professional dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen pemasaran pendidikan atau merencanakan strategi pemasaran pendidikannya agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat lokal, nasional maupun internasional. Manajemen pemasaran perlu dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan terlebih lembaga pendidikan swasta seperti SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS di Cilegon. Sekolah memerlukan manajemen pemasaran untuk menekan persaingan dari sekolah-sekolah swasta lain terutama sekolah negeri yang menjadi pesaing utama di Kota Cilegon dalam mempertahankan pelangggan pendidikan. Manajemen pemasaran secara khusus pada pendidikan menurut Kotler dan Fox ialah sebagai analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program yang dirumuskan secara hati-hati, yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran nilai secara sukarela dengan pasar sasaran/pasar target jasa pendidikan untuk mencapai tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran pendidikan di SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS, loyalitas pelanggannya dan implikasinya terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau penelitian lapangan. Adapun hasil dari penelitian tersebut yaitu pemasaran pendidikan di SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS sudah dilakukan diantaranya kegiatan perencanaan biaya, strategi pemasaran dan promosi, dan mengadakan open house. Pengorganisasian oleh kepala sekolah, pelaksanaan pemasaran oleh seluruh warga sekolah dan pengontrolan yang rutin oleh kepala sekolah dan panitia, serta melakukan targeting, positioning, differensiasi, dan unsur bauran pemasaran dalam strategi pemasarannya. Namun pada pelaksanaan pemasarannya kurang maksimal. vi Loyalitas pelanggan pendidikan SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS sudah baik, dibuktikan dengan adanya kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan sekolah serta ikut mendukung kegiatan sekolah dan juga merekomendasikan sekolah terhadap masayarakat di luar sekolah. Kegiatan manajemen pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh SMP Islam Al Azhar 27 dan SMP YPWKS berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan yang ada di sekolah namun karena penyampaian jasa pendidikan yang belum maksimal sekolah belum banyak menarik minat pelanggan baru terhadap sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Pemasaran Pendidikan, Loyalitas Pelanggan
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Nov 2020 09:27
Perubahan Terakhir: 10 Nov 2020 09:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5813

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.