Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Menggambar Karya Anak (Penelitian Tindakan Kelas di RA Al Hidayah Taktakan)

Islami, Ijka Nur (2020) Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Menggambar Karya Anak (Penelitian Tindakan Kelas di RA Al Hidayah Taktakan). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (384kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (229kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ijka Nur Islami, 152600017 Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Menggambar Karya Anak (Penelitian Tindakan Kelas di RA Al Hidayah Taktakan) Penelitian ini dilator belakangi kurangnya kemampuan anak mengucapkan suatu kalimat dengan lancar, sehingga anak tidak dapat menghasilkan kefasihan berbicara secara utuh. Selain itu, ketika diberikan pertanyaan oleh guru, masih terdapat anak yang bingung menjawab pertanyaan tersebut sehingga memberi jawaban yang kurang jelas. Salah satu metode yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui gambar karya anak. Tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut : 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapkan gambar karya anak dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara pada kelompok B RA Al Hidayah Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Pelajaran 2019-2020, 2) Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak RA dengan menggunakan gambar karya anak pada kelompok B RA Al Hidayah Kecamatan Taktakan Kota Serang Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus yang digunakan berbentuk spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al Hidayah Kecamatan Taktkan Kota Serang Tahun Pelajaran 2019-2020 sebanyak 24 anak. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas anak dalam pembelajaran berbicara melalui gambar karya anak meningkat. Aspek anak yang diamati yaitu aktivitas anak dalam pembelajaran, dan keunggulan cara pembelajaran. Demikian juga aktivitas guru dalam pembelajaran berbicara melalui gambar karya anak dari Siklus I sampai Siklus II meningkat. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata pada kemampuan anak dalam berbicara melalui gambar karya anak, nilai rata-rata yang diperoleh meningkat dari pra siklus, siklus I sampai siklus III. Dimana rata-rata kemampuan anak dalam berbicara pra siklus 59 termasuk kriteria BB (Belum Berkembang), siklus I 71 termasuk kriteria MB (Mulai Berkembang), siklus II 90 termasuk kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Kesimpulan yang didapat melalui gambar karya anakdapat meningkatkan kemampuan berbicara anak RA Al Hidayah. Direkomendasikan kepada guru kelas dan kepala sekolah diharapkan dapat berupaya menguasai media pembelajaran terutama hasil gambar karya anak untuk meningkatkan kemampuan bicara anak RA. Kata

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci : Kemampuan Berbicara Anak RA, Gambar Karya Anak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2020 03:08
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2020 03:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5690

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.