Sahuri, A. Maman (2020) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN BUDAYA LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE KECAMATAN BAYAH. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (655kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (374kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (578kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (543kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (373kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (96kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (238kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: A. Maman Sahuri, NIM: 182101130, Judul Tesis: Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Bayah. Pendidik sebagai tenaga profesional harus memiliki kompetensi keguruan. Kompetensi keguruan itu tampak pada kemampuan guru dalam memberikan keterampilan mengajar pada proses pembelajaran sehingga pelajaran yang diberikan guru dapat diterima oleh peserta didik dengan hasil yang baik. Selain itu literasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat penting, karena seseorang yang kurang maupun tidak bisa membaca akan tertinggal dalam memperoleh informasi. Pendidik merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, Oleh karena itu pendidik yang merupakan salah satu unsur dibidang kependidikan harus berperan secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Bayah. Apakah terdapat pengaruh budaya literasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Bayah. Apakah keterampilan mengajar guru dan budaya literasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Bayah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya literasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama keterampilan mengajar guru dan budaya literasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Manfaat dari penelitian ini antara lain, dapat menambah wawasan pemahaman tentang pentingnya keterampilan mengajar guru dan budaya literasi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. vi Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei dengan penyajian data secara deskriptif analisis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Bayah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden dari 402 populasi. Teknik pengambilan sempel menggunanakan teknik random sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Sebelum melakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dengan Corelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach terhadap instrumen penelitian. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen penelitian variabel penelitian valid dan reliabel. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan menggunakan rumus product Moment diperoleh nilai Koefisien korelasi keterampilan mengajar guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,321, dan uji signifikasinya diperoleh thitung =8,98 dan ttabel =1,664, dan coefisien determinasi pengaruh keterampilan mengajar guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 10,3% sedangkan sisanya 89,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Koefisien korelasi budaya literasi (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh 0,688, dan uji signifikasinya diperoleh thitung =15,44 dan ttabel =1,664, dan coefisien determinasi pengaruh budaya literasi (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai sebesar 47,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara, jika dilakukan secara bersama-sama antara keterampilan mengajar guru (X1) dan budaya literasi (X2) berpengaruh 98% terhadap hasil belajar (Y) sedangkan sisanya 2% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dari hasil penelitian bahwa tidak terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) dan tidak terdapat pengaruh antara budaya literasi (X2) terhadap hasil belajar (Y) sedangkan jika dilakukan secara bersama-sama antara keterampilan mengajar guru (X1) dan budaya literasi (X2) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y) di SMP Negeri se Kecamatan Bayah terdapat pengaruh yang signifikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: keterampilan mengajar guru, budaya literasi, hasil belajar Pendidikan Agama Islam. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2020 08:53 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2020 08:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5357 |
Actions (login required)
Lihat Item |