Nurhayati, Ulmah (2020) Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (72kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Lembar depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (420kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
Bab 2.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (559kB) |
||
Teks
Bab 3.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (551kB) |
||
Teks
Bab 4.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (715kB) |
||
|
Teks
Bab 5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ulmah Nurhayati, NIM: 182101127, Judul Tesis: “Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Pendidikan Islam: Perspektif Al-Ghazali”. Pendidikan kebencanaan diperlukan karena tidak banyak yang mengetahui bagaimana menyikapi gejala alam dan fenomena alam ketika sebelum terjadi bencana gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan lain-lain. Dan tidak banyak pula yang memahami apa yang harus dilakukan saat bencana itu mengancam jiwanya. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Konsep Pendidikan Kebencanaan Alam dalam Pendidikan Islam ? 2) Bagaimana Pendidikan Kebencanaan Alam dalam Pendidikan Islam Perspektif AlGhazali? 3) Bagaimana Kontekstualisasi Pendidikan Kebencanaan dalam Perspektif al-Ghazali Pada Kurikulum Pendidikan di Sekolah ? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analisis, yang obyek penelitiannya adalah pemikiran tentang pendidikan kebencanaan dalam pendidikan Islam. Sumber data yang digunakan diambil dari kitab ihya ulumuddin karangan al-Ghazali dan karyakarya tokoh yang bersangkutan serta pendapat para pakar ahli dan ulama dalam hal tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Pendidikan kebencanaan alam merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan, keyakinan, iman dan taqwa, serta sikap tangguh dalam menghadapi bencana baik sebelum, ketika terjadi bencana, dan sesudah terjadi bencana dengan menggunakan teori mitigasi yang di kemas dengan konsep Islam. Kedua, Menurut Al-Ghazali pendidikan kebencanaan alam merupakan instrumen untuk menuju kesempurnaan keagamaan seseorang, sebagai bukti perhatian dan kasih sayang Tuhan, dan sebagai penghapus dosa bagi hambanya yang beriman. Ketiga, kontekstualisasi pendidikan kebencanaan dalam perspektif al-Ghazali merupakan pengintegrasian pendidikan kebencanaan kedalam kurikulum pendidikan agama Islam (PAI). Kurikulum pendidikan kebencanaan lebih efektif diingat dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar dan menengah ketimbang praktik pembelajaran insidental ketika terjadi bencana
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata Kunci : P e n d i d i k a n k e b e n c a n a a n , P e n d i d i k a n I s l a m , A l - Ghazali, Kurikulum |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 16 Jan 2020 07:25 |
Perubahan Terakhir: | 16 Jan 2020 07:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4915 |
Actions (login required)
Lihat Item |