,Pengaruh Penerapan Metodedan Media PembelajaranPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMK Negeri 1 Rangkasbitung)

Sulaiman, Eman (2019) ,Pengaruh Penerapan Metodedan Media PembelajaranPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMK Negeri 1 Rangkasbitung). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB)
[img] Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (558kB)
[img] Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB)
[img] Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (781kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (410kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB)
[img] Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB)
[img] Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (433kB)

Abstrak

Eman Sulaiman, NIM; 172011060,Pengaruh Penerapan Metodedan Media PembelajaranPada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMK Negeri 1 Rangkasbitung), TESIS: Program PascasarjanaUniversitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2019. Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang guru agar terjadi interaksi pembelajaran pada diri siswa untuk mencapai tujuan. Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (channel) untuk menyampaikan suatu pesan (message) atau informasi dari sumber (resource) kepada penerimanya (receiver). Hasil dari kegiatan belajar adalah berupa perubahan perilaku yang relative permanen pada diri orang yang belajar, perubahan tersebut diharapkan adalah perubahan perilaku positif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Adakah pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung? 2). Adakah pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung? 3). Seberapa besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajarPendidikan Agama Islam siswa di SMKN 1 Rangkasbitung? 4). Seberapa besar pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMKN1 Rangkasbitung?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (3) Untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. (4) Untuk mengetahui seberapa pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Metode dalam penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif survei dengan menggunakan tehnik analisis jalur (path analysis). Menurut Noor tehnik analisis jalur adalah tehnik yang digunakan untuk menganalisis pola hubungan kausal antar variabel yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung, secara serempak atau mandiri dari variabel-variabel penyebab (variabel bebas) terhadap variabel akibat (variabel terikat). Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas X AKL 1 dan X AKL 2 di SMK Negeri 1 Rangkasbitung. Kesimpulan hasil analisis pada (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 35,8%. (2) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 51,42%. (3) Besar pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajarPendidikan Agama Islam siswa sebesar t hitung =28,035. (4) Besar pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar t hitung = 34,054. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Des 2019 03:16
Perubahan Terakhir: 30 Des 2019 03:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.