Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Disiplin Shalat Lima Waktu Siswa (Studi Kasus di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang).

Haerus, Akhmad Fahruroji (2019) Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Disiplin Shalat Lima Waktu Siswa (Studi Kasus di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (44kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. HALAMAN-HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (453kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (492kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (760kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
5. BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (384kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
6. BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (715kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Akhmad Fahruroji Haerus. NIM. 172011051. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Pemahaman Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Disiplin Shalat Lima Waktu Siswa (Studi Kasus di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang). Disiplin shalat lima waktu dapat dicapai dengan pendekatan pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam akan mengantarkan seseorang kepada ruang keterbukaan akan hal-hal serta ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ajaran agama Islam, baik perintah maupun larangan. Dengan pendidikan agama Islam tentunya akan menghasilkan orang-orang yang taat untuk menjalankan sekaligus mendirikan shalat lima waktu. Akan tetapi, saat ini banyak siswa yang beragama Islam namun, mereka tidak disiplin serta melalaikan shalat lima waktu. Hal ini dikarenakan larutnya siswa dalam perkembangan teknologi informasi dan kurangnya pemahaman pada pelajaran pendidikan agama Islam. Maka, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi dan pemahaman pelajaran pendidikan agama Islam terhadap disiplin shalat lima waktu. Penelitian ini dilakukan di SMP Nurul Hikmah Kota Tangerang. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey untuk pengumpulan data dengan 161 responden dari populasi 270 siswa. Adapun pengolahan serta teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik dengan bantuan aplikasi SPSS. Pada penelitian ini terdapat analisis data yaitu mengelompokkan data berdasarkan variabel, mentabulasi data, menyajikan data, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan menguji hipotesis yang telah diajukan. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik dengan menggunakan Skala Likert dan Skala Guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Terdapat pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap disiplin shalat lima waktu siswa dengan pembuktian hasil Uji Regresi Linier Sederhana X1 dan Y tentang nilai R yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi menunjukan nilai korelasi 0,640 menyatakan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ini ada pada kategori korelasi kuat. Hasil Persamaan garis linier sederhana adalah Y= 84,322 + 0,081 X.; 2). Terdapat pengaruh pemahaman pelajaran pendidikan agama Islam terhadap disiplin shalat lima waktu dengan hasil Uji Regresi Linier Sederhana X2 dan Y tentang nilai R yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi menunjukan nilai korelasi 0,740 yang menyatakan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ini ada pada kategori korelasi sangat kuat. Hasil Persamaan garis linier sederhana adalah Y= 71,798 + 0,067 X.; 3). Terdapat pengaruh penggunaan teknologi informasi dan pemahaman pelajaran pendidikan agama Islam secara bersama-sama terhadap disiplin shalat lima waktu siswa yang dibuktikan dengan hasil Uji Regresi Linier Berganda menunjukan nilai korelasi 0,795 yang menyatakan bahwa hubungan ketiga variabel penelitian ini ada pada kategori korelasi sangat kuat. Hasil Persamaan garis linier berganda adalah Y= 78,305 + 0,071 X1 + 0,063 X2. Kata Kunci: Disiplin, Teknologi Informasi dan Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2019 04:05
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2019 04:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.