Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis AlQur’an (Studi di Madrasah Tsanawiyah Darul Irfan Kota Serang, Banten)

Rojak, Abdul (2019) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis AlQur’an (Studi di Madrasah Tsanawiyah Darul Irfan Kota Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Rz.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (527kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I s.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (525kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (448kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV Rzak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (447kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (209kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Abdul Rojak, Nim: 122111544, Judul: “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis AlQur’an (Studi di Madrasah Tsanawiyah Darul Irfan Kota Serang, Banten) Secara umum guru pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai tugas untuk mengajarkan atau memindahkan ilmu. kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) merupakan hal yang sangat penting dikalangan umat islam, dalam pengajaran Al-Qur’an tidak dapat disamakan dengan pengajaran membaca dan menulis di sekolahan Dasar, karena dalam pengajaran Al-Qur’an anak-anak belajar huruf-huruf dan kata-kata yang tidak mereka pahami biasanya anak-anak hanya belajar membaca dan tidak menulisnya. kartena wujud pengertianya tidak difahami mereka, gambaran pengertian tidakdapat di perlihatkan. dalam hal ini mungkin dapat mempersulit dan memperlambat berhasilnya pengajaran Al-Qur’an, meskipun demikian, orang islam harus belajar membaca Al-Qur’an. karena kepandaian membaca Al-Qur’an itu merupakan kebutuhan sehari-hari bagi kehidupan seorang muslim dalam kegiatan pengalaman ajaran agamanya. yang jadi masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa/siswi MTs Darul Irfan Serang Banten. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peranan guru pendidikan agama islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an di tinjau dari berbagai segi strategi, kesulitan-kesulitan yang dapat di atasi serta hasil belajar dan untuk mengetahui apakah siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih. sedangkan langkah-langkah yang di tempuh dalam penelitian ini adalah menentukan lokasi penelitian yaitu di MTs Darul Irfan Serang Banten, populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII Tsanawiyah MTs Darul Irfan yang mana semua jumlah siswa dan siswinya 60 orang. adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, metode ini penulis dukung dengan teknik-teknik pengumpulan data yang meliputi teknik observasi, angket dan wawancara. teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus presentase. Dari pengolahan data yang didapat langkah selajutnya adalah mengkatagorikan setiap aspek sehingga menghasilkan data ahir dengan katagori baik yaitu sebesar 80,232%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an berkatagori baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2019 04:04
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2019 04:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.