Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. (Kuasi Eksperimen di Kelas III MI AlKhairiyah Badamusslam Kecamatan Kasemen Kota Serang-Banten)

Mufarihah, Mufarihah (2019) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. (Kuasi Eksperimen di Kelas III MI AlKhairiyah Badamusslam Kecamatan Kasemen Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (397kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (211kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Mufarihah. NIM: 152400861. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. (Kuasi Eksperimen di Kelas III MI AlKhairiyah Badamusslam Kecamatan Kasemen Kota Serang-Banten) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi siswa kelas III SD dan MI di Kecamatan Kasemen yang berakreditasi sedang (akreditasi B) yang berjumlah 29 SD dan MI. Dengan sampel yang diambil adalah MI Al-Khairiyah Badamussalam dengan jumlah keseluruhan 54 siswa dari kelas IIIa dan kelas IIIb. Dengan kelas IIIa berjumlah 27 siswa dan kelas IIIb berjumlah 27 siswa. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan memperoleh rata-rata nilai posttest 62 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai post-test 51,72. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung ˃ ttabel, thitung = 2,601 dan ttabel = 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe kartu arisan dengan kelompok siswa yang tidak. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan, Hasil Belajar, Kuasi Eksperimen Nonequivalent Control Group De

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 06 Nov 2019 03:28
Perubahan Terakhir: 06 Nov 2019 03:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4549

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.