Solihah, Irnawati (2019) Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan terhadap Pendapatan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 20142017. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Irnawati Solihah, NIM. 151500226, Judul Skripsi: Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan terhadap Pendapatan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 20142017. Berkembangnya lembaga-lembaga syariah termasuk bank syariah menimbulkan persaingan yang semakin kompetitif. Salah satu indikator berhasilnya bank adalah ketika mampu meningkatkan jumlah nasabah sehingga pendapatan pun semakin baik. Untuk meningkatkan pendapatan maka perlu adanya strategi promosi yang tepat, juga kegiatan pendidikan dan pelatihan yang efektif sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, prima dan berkompeten. Untuk melaksanakan kegiatan promosi, pendidikan dan pelatihan perlu adanya alokasi biaya yang dikeluarkan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi, biaya pendidikan dan pelatihan secara parsial dan simultan terhadap pendapatan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Sampel penelitian adalah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah pada laporan publikasi OJK melalui website www.ojk.go.id. Jenis data sekunder, data yang digunakan adalah data bulanan dari tahun 2014-2017. Untuk menganalisis hipotesis digunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) Versi 16.00. Proses pengujian dilakukan terdiri dari pengujian secara statistik meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji parsial, uji simultan, uji korelasi dan uji koefisien determinasi. Sedangkan, pengujian asumsi klasik meliputi uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dapat dijelaskan pada hasil uji regresi (uji t) yang menghasilkan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (1.798 < 2.01537) dan nilai signifikan lebih besar dari 0.05 yaitu sebesar 0.079 dan biaya pendidikan dan pelatihan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dapat dijelaskan pada hasil uji regresi (uji t) yang menghasilkan thitung lebih kecil dari ttabel (1.724 < 2.01537) dan tingkat signifikan lebih besar dari 0.05 yaitu sebesar 0.092. Sedangkan biaya promosi, biaya pendidikan dan pelatihan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hal ini dapat dijelaskan pada hasil uji F yang menghasilkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (3.497 > 3.21) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu sebesar 0.039. Kata Kunci: Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan, Pendapatan
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Dosen Pembimbing: 1. Dr, Budi Sudrajat, MA 2. Ratu Humaemah, S.Hum, M.Si. |
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2019 01:18 |
Perubahan Terakhir: | 26 Okt 2021 06:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4522 |
Actions (login required)
Lihat Item |