Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Balok Cuisenair.

Qolbiyah, Siti Mintani Maulida (2019) Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Balok Cuisenair. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (247kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (166kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Siti Mintani Maulida Qolbiyah. 152600002. 2019. Peningkatan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Balok Cuisenair. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai 1) Mengetahui pembelajaran alat permainan balok Cuisenaire dalam membilang di RA AlIstiqomah kelompok A. 2) Mengetahui kemampuan membilang di RA AlIstiqomah kelompok A setelah diberikan tindakan alat permainan balok Cuisenaire. Kemampuan membilang anak rendah, masih ada anak yang kesulitan untuk membilang atau menyebut urutan bilangan 1 sampai 10, anak kesulitan dalam membilang dengan menunjuk benda, anak kesulitan untuk membuat urutan bilangan 1 sampai 10 dengan menggunakan benda, anak kesulitan dalam menunjukkan lambang bilangan 1 sampai 10, anak kesulitan dalam mengenal benda banyak sedikit sama dan tidak sama benda. Anak kesulitan dalam menunjukkan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan sedikit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Penggunaan balok cuisenaire yang dapat meningkatkan kemampuan membilang kelompok A mengikuti langkah-langkah sebagai berikut a) Guru menyiapkan balok cuisenauire. b) Guru mengajak anak untuk bermain balok cuiseniare dengan aktivitas pembelajaran yang sudah di tentukan. c) Guru membimbing anak untuk membuat dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 sampai 4 anak. d) Guru memulai permainan estafet balok cuisenaire. Hasil subjek penelitian Instrumen ini adalah: 1) Pelaksaan aktivitas pembelajaran guru pada siklus II rata-rata 3,95 kategori (Baik) persentase mencapai 98,75% dan aktivitas pembelajaran siswa rata-rata 3,73 kategori (BSH) persentase mencapai 73,25%. 2) Kemampuan membilang anak pada siklus II rata-rata 3,95 kategori (BSH) persentase mencapai 95,16%. Kata Kunci : Kemampuan Membilang Anak, Permainan Balok Cuisenaire

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2019 07:36
Perubahan Terakhir: 03 Okt 2019 07:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.