Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Dalam Memahami Konsep Dasar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Yanfa Cadas Kabupaten Tangerang).

Nuriyah, Siti (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Dalam Memahami Konsep Dasar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Yanfa Cadas Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (403kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (606kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (306kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Siti Nuriyah. Nim : 142400721. Judul Skripsi: Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Dalam Memahami Konsep Dasar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Yanfa Cadas Kabupaten Tangerang). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sifat-sifat cahaya, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Nurul Falah Yanfa Cadas Kabupaten Tangerang dengan jumlah subyek sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes diagnostik, angket terbuka, dokumentasi dan tabel analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA dalam memahami materi sifat-sifat cahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesulitan yang dialami siswa pada kesulitan konsep dalam menyelesaikan soal tes diagnostik dengan perolehan presentase 61% tergolong tinggi. (2) Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa yaitu menganggap sulit pelajaran IPA, kemampuan awal yang minim, kurangnya minat dan motivasi siswa untuk mempelajari IPA. Faktor eksternal kondisi kelas yang ramai, kurangnya media pembelajaran, metode atau cara mengajar yang tidak sesuai dalam menyampaikan materi, kurangnya pembinaan belajar IPA di luar sekolah atau dukungan keluarga. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Sifat-sifat cahaya, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Sep 2019 08:17
Perubahan Terakhir: 19 Sep 2019 08:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.