Herawati, Lily (2019) Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V MIN 2 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Lily Herawati. 152400866. 2019. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V MIN 2 Serang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas V MIN 2 Serang. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan sampel 28 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes objetif bentuk pilihan ganda, dengan pemahaman konsep siswa memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,25, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77. Setelah data dari pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan hasil thitung 4,532 dan ttabel 1,706 dengan dk = 26 dan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian thitung > ttabel. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap pemahaman konsep sifat dan perubahan wujud benda pada siswa kelas V MIN 2 Serang. Kata kunci: Metode Eksperimen, Sifat dan Perubahan Wujud Benda
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Sep 2019 04:55 |
Perubahan Terakhir: | 13 Sep 2019 04:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4348 |
Actions (login required)
Lihat Item |