Nurkhairina, Nurkhairina (2019) Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan (Pre-Eksperimen Di Kelas III SD Negeri Saruni 5 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Nurkhairina. NIM: 152400822. Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan (Pre-Eksperimen Di Kelas III SD Negeri Saruni 5 Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan pada siswa kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre- Exsperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan dengan menggunakan pendekatan kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual memperoleh nilai rata-rata post-test 45,67 dan nilai rata-rata pre-test 32,75. Kata kunci : penerapan pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa dalam menulis karangan
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2019 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2019 02:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3948 |
Actions (login required)
Lihat Item |