Noviyanti, Noviyanti (2019) Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
surat pernyataan skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (360kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (236kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (399kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (441kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB 4 BENER BANGET.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (580kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla’ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla’ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla’ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig< 0,05). Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:34 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3696 |
Actions (login required)
Lihat Item |